Selasa, 21 Mei 2013

Menata Akhlaq Menuju Ridha dan Cinta-NYA II


 Menata Akhlaq Menuju Ridha dan Cinta-NYA II

Berikut ini, hal-hal yang perlu dinikmati dalam episode menunggu jodoh sebagai peletak dasar dalam mempersiapkan membangun keluarga sakinah.

1.Membekali dengan kesiapan ruhiah.
Bila kesiapan ruhiahnya memang benar-benar baik, ia dapat membedakan antara hak dan kewajiban suami istri dan kewajiban kepada-Nya sesuai ajaran Islam.

2.Membekali diri dengan ilmu-ilmu yang diperlukan berkait dalam berumah tangga.
Sungguh ilmu merupakan modal kesuksesan yang patut kita kedepankan dalam hidup ini termasuk dalam membangun rumah tangga. Bukankah hal itu, bisa kita lakukan bila kita telah menikah? Ya, tindakan ini pun tidak salah. Tapi, alangkah tepat dan nikmatnya seandainya ilmu yang berkaitan dengan kerumah tanggaan itu sudah kita miliki jauh-jauh hari sebelum masa perkawinan. Dan tentu, hasilnya akan jauh lebih baik.

3.Mempersiapkan kemampuan memenuhi tanggung jawab suami istri.

Seorang suami berkewajiban memberi nafkah kepada istri dan anaknya serta menyediakan tempat tinggal sesuai dengan kadar kesanggupannya. Berbarengan dengan ini, tentu istri punya kewajiban (pula) untuk menerima tanggung jawab suami dengan hati terbuka. Yaitu tidak menuntut suami untuk memberikan sesuatu yang diluar kesanggupan untuk memberinya.

4.Kesiapan menerima anak.
Hal ini, tentu perlu dipersiapkan sejak dini bahwa seorang yang siap melangsungkan perkawinan maka sejalan dengan itu, ia harus pula siap untuk menerima kehadiran seorang anak.Yakni membangun keilmuan tentang bagaimana arti seorang anak, mendidik anak, perilaku perkembangan anak, psikologi anak, dll.

5.Membangun kesiapan psikis.
Tanpa dipungkiri, kadangkala kita hanya membayangkan indahnya pernikahan, tanpa berusaha belajar untuk selalu siap menerima kekurangan-kekurangan dari orang yang kelak menjadi pasangan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar