Jumat, 19 Juni 2015

5 Cara untuk Memupuk Kembali Kepercayaan Sesudah Penyelewengan

  • Salah satu pengalaman yang paling menyakitkan dalam hidup ini ialah mengetahui bahwa orang yang Anda serahi jiwa dan kasih Anda telah menghianati Anda. Hubungan di luar pernikahan membuat pasangan hidup merasa sakit hati, dihianati, marah, dan bingung. Tampaknya mustahil untuk pulih dari peristiwa yang menyakitkan itu. Namun ada beberapa cara untuk memperbaiki pernikahan dan pulih dari rasa sakit itu. Saran-saran berikut dapat membantu Anda dan pasangan Anda menyelesaikan persoalan dalam hubungan Anda dan memulihkan kepercayaan yang sudah hilang.
  • 1. Fokuslah pada masa depan

    Tidak ada yang dapat dilakukan Anda atau pasangan Anda untuk mengubah apa yang sudah terjadi. Namun Anda dapat mengendalikan saat ini dan saat yang akan datang. Bertekadlah untuk berusaha sedapat mungkin menyelesaikan masalah dalam pernikahan Anda dan memenuhi kebutuhan satu sama lain supaya pasangan Anda tidak pergi ke tempat lain untuk memenuhinya.
  • 2. Biarkan perasaan Anda pulih

    Bila suatu hubungan pernah melewati sesuatu yang traumatik seperti perbuatan serong, pasangan itu harus menjalani proses penyembuhan yang menuntut kesabaran dan pengertian. Proses ini dimulai dengan komunikasi yang terbuka dan jujur. Sangat penting bahwa pasangan yang menyakiti mohon maaf secara tulus atas rasa sakit yang dia sebabkan dan bersedia melakukan apa pun semampunya untuk menebus kesalahannya. Jadi bukan sekedar "Aku minta maaf," melainkan pengakuan penuh duka dan sesal yang rendah hati.
  • 3. Pilihlah untuk memaafkan

    Orang kadang menganggap pemberian maaf adalah perasaan, sesungguhnya itu adalah keputusan. Anda mungkin menganggap adalah hak Anda untuk tidak memberi maaf kepada pasangan Anda, tetapi memutuskan untuk memaafkan adalah langkah pertama dari kesembuhan Anda sendiri. Energi yang dibutuhkan untuk menyimpan perasaan marah sangatlah merusak kesehatan mental, rohani dan jasmani Anda. Anda tidak mampu merasakan sukacita dan kebahagiaan karena Anda terlalu diliputi dendam. Maafkan pasangan Anda. Putuskan sekarang juga bahwa Anda akan mulai membuka lembaran baru dan akan memperbaiki serta meningkatkan pernikahan Anda. Pilihlah untuk mengabaikan pikiran negatif tentang pasangan Anda, sebaliknya berpikirlah secara positif. Walaupun ini proses yang sangat sulit, sadarilah bahwa pilihan yang ada lebih buruk lagi.
  • 4. Ubahlah perilaku Anda

    Bahaslah dengan pasangan Anda bagaimana caranya membuat pernikahan Anda lebih baik. Dengarkan dengan pikiran terbuka apa kebutuhan pasangan Anda. Pasangan hidup biasanya serong karena kebutuhan mereka tidak terpenuhi sehingga berpaling ke orang lain. Bertukarpikiranlah tentang apa yang bisa dilakukan masing-masing untuk memperbaiki pernikahan Anda. Berusahalah sekeras mungkin untuk selalu mengutamakan pasangan Anda dan lakukan tindakan ini setiap hari sehingga menjadi kebiasaan.
  • 5. Diperlukan waktu untuk memupuk kembali kepercayaan

    Perkirakan bahwa akan ada hambatan dari waktu ke waktu. Anda mungkin menemukan rincian baru tentang penyelewengan itu yang akan membuka luka Anda atau pasangan Anda masih berjuang mengatasi godaan. Jangan biarkan semua ini menghalangi Anda untuk maju dan memupuk kembali kepercayaan. Bersikaplah jujur satu sama lain tentang perasaan masing-masing. Hadapi setiap halangan dengan kompak, Anda hendaknya saling membantu untuk mengatasinya. Bersabarlah, diperlukan waktu untuk memupuk kembali kepercayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar