Sabtu, 30 Maret 2013

Akhlak


Assalamu'alaikum

Akhlak

Masalah akhlak ini sangat penting kita amalkan, karena tanpa akhlak yang mulia, maka kita akan jauh dari Allah, kita akan jauh dari manusia.

"Sesunggunya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya denganku pada hari kiamat adalah yang paling baik akhlaknya." (HR. Tirmidzi: 4/370)

Dari Jabir bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari Kiamat ialah orang yang akhlaknya paling bagus. Dan sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari Kiamat ialah orang yang paling banyak bicara (kata-kata tidak bermanfaat dan memperolok manusia, merendahkan manusia)." Para shahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling banyak bicara itu?" Nabi menjawab: "Yaitu orang-orang yang sombong." (HR. Tirmidzi)

Fudhail bin Iyadh berkata, "Seandainya seorang hamba sangat baik sementara dia mempunyai seekor ayam lalu memperlakukanny­a dengan tidak baik, maka dia bukanlah seorang yang berakhlak." (Risalah Qusyairiah, babul akhlaq)

Berbuat baiklah, gunakan tatakrama, bersih, jauhi zina, sopan santun, sabarlah, yang intinya taatlah pada Allah dan Rasul-Nya.

Kebenaran hanya milik Allah.

---------------

• MARI JADI ORANG BAIK •

• JAGA IMAN - JAGA SHALAT - JAGA AKHLAQ - TUTUPLAH AURAT •

Follow twitter: @kutipanhikmah

---------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar