Rabu, 09 Desember 2015

Dampak Jika Terbiasa Makan dan Minum Sambil Berdiri

Saat masih kecil, alasan yang kerap digunakan orangtua agar kita menghindari kebiasaan makan dan minum sambil berdiri adalah kesopanan. Namun ternyata ada bahaya, lho, di balik kebiasaan tersebut.
shutterstock_146199638Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri nyaris menjadi pemandangan lazim di tengah kehidupan yang serba terburu-buru seperti saat ini. Terlebih, ketika konsep standing party menjadi pilihan banyak orang saat merayakan hari besar. Padahal, para dokter mengatakan bahwa saat seseorang makan dan minum dilakukan sambil berdiri, apa yang dikonsumsinya akan langsung menuju ke usus dan dapat menimbulkan masalah pencernaan. Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr. Ana Budi Rahayu, Sp.S., menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan reflux asam lambung. Artinya, asam lambung sangat mungkin naik ke esofagus dan mengiritasi sel-sel kerongkongan.
Bahkan lebih ekstremlagi, jika kebiasaan ini dilakukan berulangkali dalam jangka waktu lama, maka iritasi sel-sel kerongkongan tersebut akan terakumulasi dan menjadi kanker esofagus. Nah, Bright Friends, nggak mau menyesal di kemudian hari hanya karena kebiasaan yang dianggap sepele, kan?
Yuk, sebarkan dan “colek” temanmu yang hobi makan dan minum sambil berdiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar