Rabu, 09 Desember 2015

Dari 2 Tipe Karyawan Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

shutterstock_136719446
Ada 2 tipe karyawan di tempat kerja: tipe karyawan yang mencari kerja dan yang mencari uang. Semua ada plus-minusnya. Nah, kamu termasuk yang mana?
Tipe karyawan pencari kerja, biasanya didominasi para karyawan yang bersifat loyal, tekun, taat aturan, dan tergolong safe player. Bagi mereka, pekerjaan adalah ladang untuk mengabdikan diri, menjalani kodrat, dan aktualisasi diri. Sisi baiknya, tentu saja mereka dapat diandalkan karena biasanya nggak mudah tergiur pindah ke tempat lain, alias rela “mengabdi” dalam waktu lama di satu perusahaan.
Sisi negatifnya, karyawan pencari kerja hanya bekerja ala kadarnya, dengan kata lain bekerja sesuai argo dan kurang bersemangat. Akibatnya, para pencari kerja minim inovasi dan butuh supervisi serta dorongan untuk tetap bekerja sesuai target perusahaan.
Kedua, adalah tipe pencari uang. Kalau yang satu ini didominasi oleh karyawan dengan sifat dinamis, aktif, penuh inovasi dan kreativitas. Bagi mereka, bekerja tentu saja sebagai ajang unjuk strata sosial, memenuhi kebutuhan hidup, dan memperluas relasi. Karyawan tipe ini biasanya bekerja penuh semangat, tidak perhitungan, dan punya inisiatif tinggi.
Kekurangannya, biasanya mereka nggak punya sikap loyal. Dalam CV mereka, pindah kerja dalam satu atau dua tahun bukan hal tabu, sebaliknya, justru “mempercantik” CV.
Kira-kira kamu masuk kategori yang mana, nih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar