Rabu, 09 Desember 2015

Fakta tentang Lendir Pada Hidung

shutterstock_220544128
Ternyata, lendir hidung yang kamu produksi saat flu bisa menunjukkan tingkat kesehatanmu, Bright Friends. Seorang ahli alergi di New York, Purvi Parikh, mengatakan bahwa peningkatan jumlah produksi lendir, warna, dan tingkat kekentalan dapat memperlihatkan kondisi tubuhmu saat itu. “Normalnya, lendir akan berwarna putih. Jika lendir hidung berwarna hijau atau kecokelatan, maka dapat dipastikan kamu sedang mengalami infeksi,” ujar Purvi. Oh ya, lendir hijau tidak selalu menandakan kamu sedang flu, lho. Bisa jadi ada infeksi lain dalam tubuhmu.
Selain itu, Purvi juga menyampaikan bahwa lendir hidung justru mencegahmu dari sakit berkepanjangan. Salah satu fungsi penting lendir hidung adalah membersihkan bakteri dan debu dari saluran pernapasan. Lendir pada hidung akan membuat saluran pernapasan menjadi licin dan membawa keluar debu serta bakteri yang ada di dalamnya.
Berapa banyak sih lendir yang diproduksi hidung setiap hari? Dalam keadaan normal, tubuhmu akan memproduksi lebih dari satu liter lendir setiap hari. Nggak hanya bermanfaat untuk hidung, lendir juga melubrikasi mata agar bisa berkedip, menjaga mulut tetap lembab, juga mencegah perut menjadi asam.
Jadi, jangan terburu-buru khawatir saat hidungmu berlendir. Sebaliknya, saat lendir di hidungmu berwarna nggak wajar, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar