Rabu, 09 Desember 2015

Meminimalisasi Risiko Kematian Akibat Duduk Terlalu Lama

shutterstock_190944725Duduk berjam-jam di depan televisi, komputer, ataupun gadget menjadi kegiatan yang mendominasi masyarakat urban. Padahal banyak penelitian yang membuktikan kalau duduk terlalu lama bisa merugikan kesehatan, menyebabkan kegemukan, hingga diabetes. Siasati dengan kegiatan ini yuk, Bright Friends.
Jalan makan siang
Mulai saat ini, berjalanlah minimal sepuluh menit setiap hari pada jam makan siang demi memperlancar peredaran darahmu. Ini bisa jadi cara ampuh untuk membuatmu lebih banyak bergerak.
“Bersahabat” dengan toilet dan dapur
Untuk urusan yang satu ini, sepertinya kamu harus “bersahabat” dengan toilet dan dapur. Hindari meletakkan teko atau botol besar di mejamu. Berjalan ke dapur kantor untuk sekadar mengambil minum atau sering buang air kecil ke toilet akan membuatmu bergerak secara teratur. Coba, deh.
Hilangkan rutinitas menonton televisi di sofa
Setelah penat di jalan karena macet, bersandar di sofa empuk sambil menonton serial televisi kesayangan tentu menjadi godaan menarik. Alih-alih duduk diam, ganti kegiatanmu dengan aktivitas ringan, seperti naik-turun tangga atau melakukan squat. Penelitian membuktikan bahwa kegiatan semacam ini dapat menurunkan angka kematian hingga 14%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar